Iklan Billboard 970x250

Apa yang dimaksud Enkripsi Homomorfis?

Iklan 728x90

Apa yang dimaksud Enkripsi Homomorfis?


Bayangkan jika kamu bekerja di industri pelayanan keuangan. Setiap hari organisasimu menangani banyak informasi yang bersifat personal (Personally Identifiable Information) dan data keuangan. Informasi harus dienkripsi baik ketika disimpan maupun saat ditransmisikan. Meskipun algoritma enkripsi modern tak dapat pecahkan secara virtual, mereka juga membuat mustahil memroses data tanpa melakukan dekripsi lebih dulu dan mendeskripsi data dapat menyebabkan data rentan terhadan tindakan yang tidak diinginkan.

Enkripsi kunci publik tradisional mengharuskan data harus dideskripsi sebelum ia dapat dianalisa maupun dimanipulasi. Tetapi bagaimana jika kuberi tahu kamu bahwa ada tipe enkripsi yang dapat mengesampingkan keharusan mendeskripsi data, yang berarti integritas dan privasi data terlindungi ketika kamu melakukan pemrosesan data? Enkripsi tersebut adalah enkripsi homomorfis.

Apa pengertian enkripsi homomorfis?


Secara sederhana, enkripsi homomorfis merupakan metode enkripsi yang memungkinkan sebarang data dalam kondisi terenkripsi saat diproses dan dimanipulasi. Ia memungkinkan kamu atau pihak ketiga (seperti cloud provider) untuk menerapkan fungsi pada data terenkripsi tanpa perlu menampilkan nilai asli data. Sebuah kriptosistem homomorfis hampir mirip seperti enkripsi publik yang menggunakan kunci publik untuk mengenkripsi data dan hanya memungkinkan seseorang dengan kunci privat yang mampu mendeskripsikannya. Bagaimanapun juga yang membedakan adalah enkripsi ini menggunakan sistem aljabar untuk memungkinkan kamu ataupun orang lain untuk melakukan berbagai komputasi pada data yang terenkripsi.

Dalam penggunaannya, kebanyakan skema enkripsi homomorfis bekerja secara baik pada data yang direpresetasikan sebagai bilangan bulat (integer) dan menggunakan penambahan dan perkalian sebagai fungsi operasional. Hal ini berarti bahwa data yang terenkripsi dapat dimanipulasi dan dianalisa sama halnya dalam bentuk plainteks. Dengan kata lain, HE mampu memungkinkan pegawai kamu (atau pihak ke-3) untuk bekerja dengan data yang terenkripsi tanpa harus mengetahui isi dari data yang terenkripsi. Mereka dapat menghitung dan memroses data terenkripsi untuk mendapatkan jawaban yang terenkripsi, tetapi hanya kamu yang bisa mendeskripsi chiperteks tersebut dan memahami maknanya. Enkripsi homomorfi membutuhkan beberapa kali interaksi dan menggunakan sirkuit aritmatika daripada sirkuit Boolean seperti metode komputasi aman yang lain.

Tantangan di dunia nyata yang dapat diselesaikan oleh enkripsi homomorfis


Di dunia yang ideal, enkripsi homomorfis memiliki kegunaan yang luar biasa secara praktis. Dalam pengaplikasian di dunia nyata, kegunaanya antara lain sistem pemungutan suara elektronik , analisa data medis pasien, dan memungkinkan kueri privat di mesin pencari. Beberapa penggunaan enkripsi homomorfis juga termasuk:

- Mengamankan data yang ada di Cloud. Mari kembali pada ide bahwa kamu memiliki perusahaan yang melayani jasa finansial yang mengumpulkan, menyimpan dan menggunakan informasi yang bersifat sensitif dan juga personal. Organisasimu menggunakan data ini dengan mempertimbangkan apakah pelanggan mengijinkannya atau tidak. Kamu ingin menyimpan informasi ini di cloud guna menghemat pegeluaran, tetapi kamu tidak sepenuhnya percaya keamanan dari provider cloud software-as-a-service(SaaS) yang kamu pilih. Menggunakan enkripsi homomorfis, kamu dapat mengamankan data yang kamu simpan di cloud dan juga tetap mempertahankan kemungkinan menghitung dan mencari informasi yang diamankan dan setelahnya kamu dapat mendeskripsinya tanpa membahayakan integritas data secara utuh. Ini merupakan kondisi win-win antar bisnismu sekaligus pelangganmu.

-Memungkinkan analisis data pada industri yang teregulasi. Enkripsi homomorfis memungkinkan data tetap dalam keaadan terenkripsi dan dibagikan ke lingkungan cloud komersiil untuk keperluan riset dan berbagi data. Sembari melindungi privasi data pengguna maupun pasien. Ia dapat digunakan untuk bisnis dan organisasi-organisasi berbagai industri termasuk pelayanan finansial, retail, teknologi informasi, dan kesehatan untuk memperbolehkan orang lain menggunakan data tanpa melihat nilai data yang tidak terenkripsi. Sebagai contoh enkripsi homomorfis memungkinkan penyedia layanan analitik prediktiv secara aman menganalisa data medis tanpa menempatkan privasi data dalam bahaya.

-Meningkatkan Keamaanan dan Transparansi pada Pemilihan. Peneliti sedang mencari cara bagaimana menggunakan enkripsi homomorfis untuk membuat pemilihan yang demokratis yang lebih aman dan transparan. Sebagai contoh skema enkripsi Paillier, yang mana menggunakan operasi penambahan, merupakan pilihan terbaik karena berkaitan dengan aplikasi pemungutan suara karena ia memungkinan pengguna untuk menambahkan nilai nilai dengan cara yang tidak bias dengan tetap menjaga nilai tetap privat.Teknologi ini, tak hanya dapat melindungi data dari manipulasi, ini juga memungkinkan pengecekan oleh pihak ketiga yang tidak memiliki otoritas.


Selamat Membaca Di sini



Please wait



Enkripsi Homomorfis membantu melindungi integritas datamu dengan memungkinkan orang lain dapat memanipulasi data yang terenkripsi sementara hanya kamu yang punya kunci rahasia untuk melakukan proses deksripsi. Bandingkan hal ini dengan metode enkripsi yang digunakan oleh penyimpanan cloud tradisional dan solusi-solusi komputasi, yang mana tidak dapat dilakukan komputasi pada data yang terenkripsi. Hal ini berarti penyedia cloud dan/ atau aplikasi akan memerlukan akses pada data yang tidak terenkripsi untuk melakukan fungsi komputasional pada data. Praktik ini membuka data sensitif organisasi atau pelangganmu yang menyebabkan data yang disimpan di cloud menjadi tidak aman.

Enkripsi homomorfis sudah berkembang hingg saat ini tetapi masih memerlukan beberapa waktu lagi sebelujm kita dapat melihat penerapan enkripsi homomorfis dalam skala yang lebih besar.
SHARE
LATEST Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment