Iklan Billboard 970x250

Sandi Caesar (Caesar Chiper)

Iklan 728x90

Sandi Caesar (Caesar Chiper)

Apa itu yang dimaksud Sandi Caesar? Sebelum saya jawab akan saya beri sedikit gambaran tentang sandi Caesar. Di dunia ilmu kriptografi, sandi Caesar, atau sandi rotasi (geser) Caesar atau Geseran Caesar adalah salah satu teknik enkripsi paling sederhana dan paling terkenal. Sandi ini termasuk dalam kategori sandi substitusi. Sandi subtitusi merupakan teknik enkripsi dimana setiap huruf pada pesan (plaintext) diganti dengan huruf lain yang memiliki selisih posisi tertentu bisa ke arah kiri maupun ke arah kanan dalam alfabet. Contoh pergeserannya antara lain misal di geser 3 ke kanan maka huruf A akan menjadi D, B menjadi E, C menjadi F dan seterusnya. Penamaan sandi ini didasarkan pada nama Caesar dari Julius Caesar, jenderal, konsul, dan diktator Romawi yang menggunakan sandi ini untuk berkomunikasi  dengan para panglimanya selama masa perang.

enkripsi menggunakan Caesar chiper

Proses enkripsi Sandi ini dijadikan dasar untuk proses penyandian yang lebih rumit lagi, seperti sandi Vigenère, dan masih memiliki aplikasi modern pada sistem ROT13. Sayangnya dari segi keamanan sandi ini seperti halnya sandi substitusi alfabet tunggal lainnya, sandi Caesar dapat dengan mudah dipecahkan dan praktis tidak memberikan kerahasiaan bagi pemakainya. Hal ini dikarenakan juga kemungkinan kunci yang digunakan sangat sedikit yaitu hanya 25 saja.

Berikut contoh enkripsi menggunakan Caesar chiper


Dalam kasus ini misal kunci yang digunakan adalah pergeseran huruf yaitu 3. Susunan alphabet setelah digeser sejauh 3 huruf adalah sebagai berikut:

Alfabet biasaAlfabet SandiAlfabet biasaAlfabet Sandi
ADNQ
BEOR
CFPS
DGQT
EHRU
FISV
GJTW
HKUX
ILVY
JMWZ
KNXA
LOYB
MPZC

Proses enkripsi pesan sangat mudah, cukup mencari pasangan dari setiap huruf yang akan dienkripsi dari alfabet biasa ke alfabet sandi, lalu tuliskan huruf yang sesuai pada alfabet sandi. Untuk memecahkan sandi tersebut gunakan cara sebaliknya. Contoh penyandian sebuah pesan adalah sebagai berikut.

Pesan (Plainteks) : YAHYAEFFECTCOM
Teks Sandi (Chiperteks) : BDKBDHIIHFWFRP

Secara matematis pergeseran 3 huruf alfabetik ekivalen dengan melakukan operasi modulo terhadap plainteks P menjadi cipherteks C dengan fungsi sebagai berikut
$C = E ( P ) = (P + 3) (mod 26)$ Karena ada 26 huruf didalam alphabet. Penerima pesan mengembalikan lagi cipherteks dengan operasi kebalikan, secara matematis dapat dinyatakan dengan persamaan $P=D(C)=(C-3) (mod 26)$ dapat diperhatikan bahwa fungsi D adalah balikan (invers) dari fungsi E , yaitu  $D(C)=E^{-1}(C)$:

Keterkaitan Sandi Caesar dengan Matematika

Dasar keilmuan dari ilmu kriptografi adalaj matematika, oleh karena itu pada Caesar cipher sebagian besar adalah matematika yang antara lain mencakup teori bilangan, Aljabar dan fungsi. Subbab matematika tersebut sudah diajarkan sejak pendidikan sekolah bahkan diperdalam lagi di perguruan tinggi.  Rumus Caesar Cipher secara umum :

$C = E ( P ) = ( P + k) (mod 26)$

Dan Fungsi Deskripsi adalah

$P = D ( C ) = ( C - k ) (mod 26)$
Catatan:
1.Pergeseran 0 sama dengan pergeseran 26 (susunan huruf tidak berubah).
2.Pergeseran lain untuk k > 25 dapat juga dilakukan  namun hasilnya akan kongruen dengan bilangan bulat dalam modulo 26. Misalnya k = 28 kongruen dengan 2 dalam modulus 26, atau $28 ≡ 2 (mod 26)$.
Persamaan di atas menggunakan subbab matematika teori bilangan khususnya dengan modulus. Operasi modulus adalah sebuah operasi yang menghasilkan sisa pembagian dari suatu bilangan terhadap bilangan lainnya.

Contoh  modulus :

$1 = 7 mod 2 $
$2 = 5 mod 3$

Sebenarnya operasi modulus sudah dikenalkan sejak dini hanya saja banyak yang tidak tahu nama operasi tersebut. Selain menggunakan operasi modulus, Caesar Cipher juga menggunakan aljabar dalam pengerjaannya. Aljabar dasar, yang mencatat sifat-sifat operasi bilangan bulat, menggunakan simbol sebagai "pengganti" untuk menandakan konstanta dan variabel, dan mempelajari aturan tentang ungkapan dan persamaan matematis yang melibatkan simbol-simbol tersebut.

Dalam enkripsi Caesar tentu memiliki kelebihan dan kelemahan diantaranya :
1.      Kelebihan enkripsi Caesar

  • Salah satu teknik enkripsi paling sederhana dan terkenal saat zamannya.
  • Salah satu algoritma Cipher  tertua dan paling diketahui dalam perkembangan ilmu kriptografi.
  • Sangat mudah untuk digunakan.

2.      Kelemahan enkripsi Caesar

  • Tingkat keamanannya rendah dikarenakan jumlah kuncinya hanya 26 kunci saja.
  • Teknik pemecahan kata kunci tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan percobaan terhadap semua kunci yang ada yang hanya berjumlah 26 tersebut.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment