Yahya Effect

Berbagi Info, Tips Seputar Blogging & Internet

Friday, March 30, 2018

Cara Riset Keyword Untuk Membuat Artikel

Kata kunci adalah hal yang sangat penting jika kita membuat artikel atau tulisan. Pemilihan kata kunci yang baik dapat memberikan dampak positif bagi blog kita, seperti pengunjung yang banyak, tampil di halaman pertama pada pencarian google dan lain lain.

Berbeda jika kita membuat kata kunci yang asal asalan atau cuma bermodalkan menebak nebak saja. Mungkin blog kita akan susah mendapatkan pengunjung dari mesin pencari

Apa itu riset keyword?

Riset keyword atau riset kata kunci merupakan kegiatan mencari kata apa saja yang sering dicari oleh pengguna internet. Kata kunci yang baik adalah kata kunci yang banyak dicari tetapi saingannya sedikit yang dimaksud saingan sedikit adalah tidak banyak blog atau website lain menggunakan kata kunci itu.

Bac Juga Satu link diklik membuka banyak link


Jenis jenis keyword dapat dibagi menjadi beberapa kategori, disini saya hanya akan membagi ke dalam 4 kategori saja.

Jenis Jenis kata kunci

  1. Short tail keywod (kata kunci pendek)

  2. Seperti terjemahannya dalama Bahasa Indonesia yang berarti kata kunci pendek, kata kunci ini hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Contoh short tail keyword:
    • Beli Rumah
    • Smartphone
    • Laptop Murah
    Persaingan pada kata kunci seperti ini sangat ketat. Jadi apabila kemampuan SEO anda tidak bagus maka akan kalah di mesin pencari.



  3. Long tail keyword (kata kunci Panjang)

  4. Kata kunci ini terdiri dari lebih dari dua kata. Contoh contohnya:
    • Smartphone bagus harga murah
    • Film terbaik tahun 2018
    • Mouse gaming yang awet dan murah
    Long tail keyword biasanya tidak banyak saingan, karena itu jika ingin mengincar kata kunci long tail keyword patut untuk dipertimbangkan. Perbandingan kata kunci yang pendek dengan kata kunci yang Panjang adalah tidak banyak yang mencari. Tentu anda juga pernah melakukan pencarian pasti yang anda lakukan hanya mengetikkan maksimal mungkin 4 kata



  5. Keyword abadi (kata kunci abadi)

  6. Keyword abadi adalah keyword yang akan selalu ada yang mencarinya. Biasanya berkaitan dengan kesehatan, ilmu dan hal hal yang selalu dibutuhkan oleh orang orang. Contoh keyword abadi:
    • Cara menyembuh hidung mampet
    • Cara belajar yang efektif
    Apabila anda sudah mempunyai pos atau artikel yang page one dengan kata kunci abadi, maka bisa dipastikan blog anda selalu ramai pengunjung.



  7. Keyword musiman (kata kunci musiman)

  8. Jenis keyword yang ini hanya akan ramai pada beberapa waktu saja, missal satu hari seminggu atau satu bulan. Keyword ini selalu berkaitan dengan apa yang sedang viral atau menjadi trending. Conthnya:
    • Pengumuman Sbmptn 2018
    Jelas bahwa kata kunci yang seperti itu hanya akan ramai menjelag setelah pengumuan sbmptn paling lama satu bulan saja.

Cara Riset Kata Kunci

Setelah membaca beberapa tipe kata kunci sekarang saya akan membahas bagaimana melakukan riset keyword. Terdapat beberapa situs yang menyediakan fasilitas riset keyword yaitu ubersuggest.org, keywordshitter.com.

Baca Juga Memasang widget halaman facebook


Riset Keyword di ubersuggest.org
1. Kunjungi terlebih dahulu ubersuggest.org
2. Inputan kata kunci yang kita incar misal penemuan unik

 

3. Setelah itu klik look up



Riset Keyword keywordshitter.com/
1. Kunjungi terlebih dahulu keywordshitter.com
2. Inputan kata kunci yang kita incar misal trik seo
3. kemudian klik submit, maka akan muncul tampilan sebagai berikut
4. klik Download untuk menyimpan kata kunci ke dalam bentuk txt

Setelah memperoleh keyword sekarang coba dengan melakukan pencarian di google. Pilih keyword yang menampilkan hasil pencarian sedikit, karena semakin sedikit saingan yang perlu dihadapi.

Demikianlah cara riset keyword atau kata kunci agar page one. Semoga setelah mengikuti cara ini blog anda akan banyak dikunjungi dai mesin pencari. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment